Tips Mengurus Perubahan Nama di Pengadilan Negeri

Mengurus Perubahan Nama di Pengadilan Negeri

Batam merupakan salah satu kota yang berbatasan langsung dengan negara lain. Itu sebabnya Batam menjadi salah satu kota transit terpadat di Indonesia. Terutama bagi mereka yang mau ke Singapura.
Kemarin saya baru berjumpa dengan teman lama, dan saat mengobrol dengan teman saya, dia sekalian bercerita betapa capeknya dia setiap kali ke Singapura. Karena setiap mau cap Pasport di Imigrasi Singapura, maka pasti dia dipanggil masuk ke Kantor Imigrasi Singapura. Kenapa bisa demikian?

Penyebab utamanya adalah karena namanya hanya terdiri dari satu kata.
Contoh namanya Yanto. Maka di sistem imigrasi akan muncul ratusan bahkan ribuan orang yang memiliki nama Yanto. Untuk memastikan Yanto yang mana satu, maka mau tidak mau harus masuk dulu ke Kantor Imigrasi Singapura.
Belum lagi kata teman saya, ada beberapa negara tertentu, yang menolak pengurusan visa jika nama kita hanya satu suku kata.
Setelah mendengar sharing dari teman saya, maka saya menyampaikan kepada dia bahwa tahun lalu (2017), saya ada pengalaman ganti nama di pengadilan, jadi saya mengurus sendiri Perubahan Nama di Pengadilan Negeri. Lebih tepatnya adalah Penambahan Nama, karena saya menambahkan nama marga ke nama saya.

Orang yang mengurus perubahan/penambahan nama bukan hanya karena sering dipanggil oleh Imigrasi Singapura, namun orang ganti nama juga bisa karena ada kesalahan penulisan nama di dokumen sebelumnya atau ada yang mau memasukkan nama keluarga atau marga ke namanya yang sekarang.

Oleh karena itu, kali ini saya akan membagikan Tips Mengurus Perubahan Nama di Pengadilan Negeri.

Ada beberapa tahapan-tahapan yang harus dilalui saat mengurus perubahan nama di Pengadilan Negeri

Inilah prosedur ganti nama :

  1. Membuat Surat Pengajuan Perubahan nama ke Pengadilan Negeri.

Inilah contoh surat permohonan ganti nama atau penambahan nama untuk orang dewasa.

Contoh Surat Pengajuan Perubahan Nama di Pengadilan
surat permohonan ganti nama atau penambahan nama untuk orang dewasa.

Sedangkan ini adalah contoh surat permohonan ganti nama atau penambahan nama untuk anak-anak.

Contoh Surat Penambahan Nama untuk Anak-Anak Hal 1.jpg
surat permohonan ganti nama atau penambahan nama untuk anak-anak
Contoh Surat Penambahan Nama untuk Anak-Anak Hal 2.jpg
surat permohonan ganti nama atau penambahan nama untuk anak-anak

Note :

a. Ingat untuk mencantumkan nomor handphone rekan-rekan ya. Karena Nanti petugas dari Pengadilan Negeri akan menelepon rekan-rekan untuk memberitahukan kapan tanggal Sidang Pertama. Selain ditelepon, nanti juga akan akan dikirim surat pemberitahuan sidang perdana untuk Permohonan perubahan nama yang kita ajukan.

b. Selain surat yang diprint seperti contoh di atas, rekan-rekan juga harus mengcopy Softcopy/file Surat Permohonan perubahan nama ke disc (CD). Yang dicopy adalah file mentah yang belum ditandatangani.

2. Lampirkan dokumen pendukung dan dilegalisir di Kantor Pos

Ada beberapa dokumen yang wajib dilampirkan, terutama dokumen rekan-rekan yang ingin ada perubahan nama di dokumen tersebut.

Saat itu saya melampirkan fotocopy Akte Lahir, KTP dan Kartu Keluarga. Fotocopy masing-masing di kertas ukuran A4, jangan digabung menjadi satu. Kemudian bawalah fotocopy dokumen tersebut untuk dilegalisir di Kantor Pos.

Cara melegalisir dokumen di Kantor Pos :

Bawalah dokumen asli dan Fotocopynya. Kemudian tempellah meterai 6000 di dokumen yang di copy. Jika ada 3 lembar dokumen, berarti kita menempelkan meterai 6000 di setiap lembarnya. Kemudian ke Counter petugas Kantor Pos bagian legalisir. (Tidak dikenakan biaya apa-apa saat legalisir)

Ini salah satu contoh dokumen saya yang sudah dilegalisir di Kantor Pos

Lampiran yang dilegalisir oleh Kantor Pos.jpg
dokumen yang sudah dilegalisir Kantor Pos

3. Serahkan Dokumen No 1 dan 2 ke Bagian Perdata atau Customer Service Pengadilan Negeri

Jika di kota rekan-rekan, Pengadilan Negeri nya belum ada bagian Customer Service, silahkan langsung ke bagian perdata.

Ketika rekan-rekan menyerahkan dokumen kepada bagian perdata atau customer service, maka Surat permohonan rekan-rekan akan diregistrasi. Setelah selessai proses registrasi, maka kita akan diberikan Bukti Pendaftaran Permohonon.

Berikut Contoh Bukti Pendaftaran Permohonan

Bukti Permohonan.jpg

Bukti Pendaftaran Permohonan ini kita bawa ke Bank BTN, dan setelah melakukan pembayaran, maka kita kembali lagi ke Pengadilan Negeri untuk menyerahkan bukti pembayaran kita ke Bagian registrasi tadi.

Ini Bukti Setoran ke Bank BTN

Slip Setorn BTN.jpg

4. Menunggu Telepon dan Surat Panggilan Sidang dari Pengadilan Negeri

Tahap selanjutnya ada menunggu kabar dari Pengadilan Negeri untuk jadwal sidang pertama. Jika rekan-rekan mau tahu perkembangan pengajuan rekan-rekan melalui online, bisa cek di Website Pengadilan Negeri. Silahkan cek sendiri ya di Website Pengadilan Negeri di kota masing-masing.

5. Sidang Pertama

Ketika rekan-rekan sudah dihubungi oleh petugas Pengadilan mengenai jadwal sidang perdana, maka ini yang harus rekan-rekan bawa dan persiapkan :

a. Datang tepat waktu

b. Membawa dokumen asli sesuai dengan dokumen yang telah dilegalisir oleh Kantor Pos

c. Membawa 2 orang saksi. Ingat untuk membawa fotocopy para saksi. KTP Saksi tidak wajib dilegalisir.

d. Khusus untuk pengajuan perubahan nama anak, jika anak-anak sedang libur, bisa dibawa bersamaan saat sidang, namun jika anak tersebut sedang sekolah, maka cukup orang tuanya yang mewakili.

Note :

Pastikan rekan-rekan sudah menyampaikan secara detail kepada para saksi alasan anda melakukan perubahan nama.

6. Sidang Kedua atau Sidang Penetapan

Setelah sidang pertama dilakukan, maka biasanya hakim akan menjadwalkan sidang kedua minggu depannya.

Di sidang kedua, akan menjadi Sidang Penetapan atau keputusan hakim apakah permohonan rekan-rekan diterima atau ditolak. Jika diterima, maka rekan-rekan akan mendapatkan surat penetapan pengadilan negeri tentang ganti nama atau penambahan nama.

Berikut contoh Surat Penetapan atas nama saya.

Surat Penetapan Pengadilan untuk Penambahan Nama.jpg
Contoh Surat Penetapan Pengadilan untuk perubahan nama

Demikian Tips Mengurus Perubahan Nama di Pengadilan Negeri.

Bonus

1.Ketika sudah selesai mengurus Perubahan nama di Pengadilan Negeri, maka tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan perubahan nama di Akte Kelahiran. Ini dia Cara Mengurus Perubahan Nama di Akte Kelahiran

2. Jika mengurus Akte kelahiran selesai, maka proses selanjutnya adalah mengurus perubahan di KTP&Kartu Keluarga, Ini dia Cara Mengurus perubahan Nama di KTP dan Kartu Keluarga

Semoga bermanfaat. Silahkan di share, siapa tahu ada orang lain yang membutuhkan.

Bagi yang sudah pernah mengurus perubahan nama di Pengadilan Negeri, silahkan memberikan komentar. Siapa tahu bisa menjadi masukan bagi yang membaca tulisan ini.

Oya, bagi yang suka buka youtube, jangan lupa ya singgah di Youtube saya.. Mau di like boleh, disubscribe lebih boleh lagi. ini ya link nya : Sujanto Tedja V-Channel

Iklan

24 Comments Add yours

  1. Ameliasepta berkata:

    Ini informasi yang paling dicari banget nih, makasih kooohhh!

  2. Pedro Sujanto berkata:

    Ya, tolong disebarkan ke khalayak ramai yang telah lelah letih lesu dan berbeban berat karena memikirkan cicilan rumah.. eh..

  3. Silviana Noerita berkata:

    Thanks informasinya ya Om. Ternyata gak ribet-ribet banget ngurus ini itu ya, asal ngikuti aja prosedurnya.

  4. Pedro Sujanto berkata:

    Iya, sederhana saja. Mungkin karna orang mendengar pengadilan, jadi udah mundur selangkah duluan

  5. Chai Loekman berkata:

    Makasih kokoh informasinya…

  6. Rina berkata:

    Untung bapakku kasi nama boros ke aku, hihi, kan repot kayak gini, berarti sudah beres sekarang om? nggak di panggil-panggil lagi di imigrasi?

  7. Pedro Sujanto berkata:

    Kalo aku aman, berharap gak dipanggil. Kalo kakak ingat berikan nama anak minimal 3 kata. Aman sentosa

  8. wenny prihandina berkata:

    jadi inget pernah jadi saksi sidang ganti nama di pengadilan. walaupun judulnya jadi saksi dan untuk urusan yang bukan kriminal tetep aja dag dig duerr.. alhamdulillah dikasih 3 kosakata nama sama orang tua..

  9. Cucum Suminar berkata:

    Bermanfaat banget infonya. Dulu teman dan saudara ada yang tambahin nama di paspor, tapi tidak sampai ganti nama ke pengandilan. Mereka nambahin nama pakai nama suami, ada juga yang pakai nama ayah. Klo pakai nama suami repot kalau cerai dan harus ganti paspor, pernah ada yang kejadian.

  10. Pedro Sujanto berkata:

    Kalo tidak lewat pengadilan, repotnya nanti saat perpanjang, kadang2 dr imigrasi mengikuti ktp. Kalo itu terjadi, maka nama di pasport balik lagi ikut ktp

  11. Pedro Sujanto berkata:

    Haha iya. Aku juga pernah jadi saksi. Jadi aku mengerti rasanya.

  12. Nah ini yg kemaren bikin saya dag Dig dug waktu mau masuk ke spore. Pas perpanjang paspor saya minta ditambah nama ayah di belakang nama karena kalau Umrah atau haji katanya ribet kalau cuma dua nama. Pas lagi heboh2nya teroris pula. Udah pasrah aja kalau gagal masuk ya balik kanan aja. Alhamdulillah pas diperiksa di Imigrasi gak disuruh kasih liat KTP (nama di KTP tanpa nama ayah) karena paspor udah ada beberapa cop dari imigrasi spore dan Malaysia. Selamet..selamet… Mana selamet nih. Wkwkw..

  13. tulisan penting banget nih banyak teman yang mau merubah nama tapi bingung , kalau aku bisa nggak kurangin nama kadang susah kalau ujian dengan nama panjang

  14. Pedro Sujanto berkata:

    Haha. Punya Om udah keren. 3 kata aman

  15. Pedro Sujanto berkata:

    Wah selamat ya. Nama tengah mbak Selamat ya hihihi

  16. Juli berkata:

    Lengkap, info yang bermanfaat, terima kasih Ko…

  17. Oke Vienansyah berkata:

    Ini info yang sangat bermanfaat mengingat banyak teman saya yang namanya hanya satu kata saja.

  18. Citra berkata:

    Aku pengen ganti mama lebih short tapi gak jadi ah… Ribet banget hihi

  19. Pedro Sujanto berkata:

    Udah panjang namanya gak usah dipendekin lagi. Biar aman sentosa

  20. Pedro Sujanto berkata:

    Tujuannya sebenarnya untuk arsip pribadi, supaya gak lupa kalo ada teman/saudara yg mau urus perubahan nama..tapi jika bisa bermanfaat jg utk org lain, kenapa tidak ya mbak

  21. Pedro Sujanto berkata:

    Jadi ingat lagu Harry Mukti, Hanya satu kata..

  22. Fauzi berkata:

    kalau nama” mohamad fauzi” banyak gak ya ? maksudnya masuk ruang khusus tak ya kalau lewat emigrasi singapura? hihihi

  23. Pedro Sujanto berkata:

    Itu harus dites dulu 😂. Kadang walaupun nama 2 kata, tapi ada aja yg dipanggil masuk ke imigrasi singapura. Gak tahu apa karna acak atau bagaimana. Suka2 mereka aja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.